CARA MEMBUAT PENCARIAN DI EXCEL (HOW TO MAKE A SEARCH IN EXCEL)

CARA MEMBUAT PENCARIAN DI EXCEL (HOW TO MAKE A SEARCH IN EXCEL)

Tulisan sederhana ini saya buat hanya sekedar untuk sharing pengetahuan, terutama bagi temen temen pengemar Mr. Excel.

Kali ini saya mau buat contoh pembuatan kolom pencarian di excel. Maaf ya, pendahuluanya singkat buaaaaaaaaaanget. kita langsung saja ke tahapan-tahapanya ya.

pertama buatlah contoh tabel sederhana seperti berikut ini:



Tabel kedua adalah tabel pencarian data. buatlah disampingnya.


Tabel tersebut adalah tabel bantu untuk pencarian data dan tabel ini hanya ilustrasi saja. anda bisa berkreasi sendiri tentunya. Selanjutnya saya akan jelaskan mengenai tabel tersebut. karna Anda pasti binggung melihatnya.

Berikut Penjelasanya :
  • Sebelumnya saya disini membuatnya mengunakan excel 2010. bagi yang mengunakan excel kebawah mungkin tanda ( ; ) gantilah dengan tanda ( , ) lanjut.
  • Cell D1 adalah Keyword pencarianya.
  • Cell/Kolom 1 adalah tabel pencarian. berikut penjelasanya :
  • Isi cell E2 dengan rumus (=SEARCH($D$1;B2)) kemudian seret ke bawah rumusnya dengan cara letakkan kursor pada pojok kanan bawah pada cell E2 sampai muncul tanda + lalu klik, tahan dan drag/seret kebawah. untuk maksud dari rumus tersebut adalah cari Array sesuai cell D1 yang ada pada cell B2. Jika Anda membuat kolom dan data seperti gambar diatas maka pada cell E3 akan muncul angka 3 yang artinya huruf mad pada cell B3 ada pada huruf ke 3. dan biar hasilnya bagus ganti rumus tersebut dengan rumus berikut (=IFERROR(SEARCH($D$1;B2);"")) artinya jika error hasilnya dikosongi.
  • Trus manfaatnya apa hasil dari kolom tersebut. yang terpenting adalah ketika kita ketikan huruf mad dalam pencarian akan muncul hasilnya, entah berupa angka atau huruf. hal tersebut hanya untuk menandai saja bahwa pada cell tersebut ada kata mad. ok. selesai. tingal gimana kita ngolahnya.
  • disini saya buat lagi kolom 2,  kolom 3, dan kolom 4. untuk kolom dua saya buat nomor urut hasil pencarian dengan rumus berikut. cell F2 (=IF(E2="";"";COUNTIF($E$2:E2;">0"))) maksudnya jika cell E2 kosong maka hasilnya kosong, jika cell E2 tidak kosong maka jumlahkan mengunakan fungsi COUNTIF. kemudian lakukan seperti pada kolom E (seret rumusnya kebawah). untuk F15 yang berwarna kuning adalah jumlah data hasil pencarianya. gunakan countif juga. 
  • langsung lanjut aja ke kolom 4 atau kolom H. berikut rumusnya. cell H2 (=IF(G2="";"";B2)). kemudian lakukan juga seperti pada kolom E (seret rumusnya kebawah). Selesai Cell H adalah hasil pencarianya.
  • untuk tampilan yang lebih bagus buat buat hasil pencarianya di Sheet baru seperti gambar berikut.



untuk nomor urutnya saya buat biasa saja. Anda pasti lebih bagus. dan untuk kolom namanya saya mengunakan fungsi VLOOKUP. tabel array nya adalah sheet yang pertama tadi, kolom F sampai dengan kolom H. dan cell D1 pada sheet pertama adalah link dari cell B1 pada sheet kedua atau gambar 3.



mas andes

Author :

Terimakasih atas kunjungannya anda pada blog sederhana ini dan merupakan suatu kehormatan buat kami anda telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang berjudul CARA MEMBUAT PENCARIAN DI EXCEL (HOW TO MAKE A SEARCH IN EXCEL).
Share Artikel

Artikel Terkait

1 komentar: