Menampilkan Hari dan Tanggal pada Microsoft Excel

Menampilkan Hari dan Tanggal pada Microsoft Excel

Jika pengaturan Bahasa Regional komputer kita adalah Indonesia, maka format tanggal pada Microsoft Excel mengikuti format Indonesia. Misalnya 13/01/2013 atau 13 Januari 2013. Disini nama hari belum tampak. Maka kita bisa mengkombinasikan dengan fungsi TEXT untuk menambah tampilan hari. Misalnya saja kita akan menampilkan hari dan tanggal pada hari ini dengan fungsi TODAY. Maka bisa kita lihat penulisan rumusnya adalah.


=TEXT(TODAY();"DDDD, DD MMMM YYYY")

Bisa kita lihat contohnya pada gambar di bawah ini








Atau kita ingin menampilkan tempat(kota) dan tanggal.Maka bisa kita tuliskan rumusnya.


="Jakarta, "&TEXT(TODAY();"DD MMMM YYYY")

Kita lihat contohnya pada gambar di bawah ini







Jika Bahasa Regional pada desktop computer teman-teman di setting English(US), maka format tanggal dan hari mengikuti format English. Contohnya jika kita menuliskan fungsi TODAY bisa terlihat pada gambar di bawah ini.








Maka jika kita ingin tanggal itu menjadi format Indonesia, kita bisa menuliskan rumus sebagai berikut :

=TEXT(TODAY(),"[$-21]DDDD, DD MMMM YYYY")

Kita lihat contohnya adalah sebagai berikut :







Kita menambahkan [$-21] yang berfungsi menampilkan tanggal ke format Indonesia. Teman-teman dapat membuat tanggal kedalam format bahasa yang lain dengan mengubah angka yang ada yang ada disini, misalnya kita ganti menjadi [$-1] akan menghasilkan format dalam bahasa arab dan seterusnya untuk angka angka yang lain silahkan dicoba sendiri. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.
mas andes

Author :

Terimakasih atas kunjungannya anda pada blog sederhana ini dan merupakan suatu kehormatan buat kami anda telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang berjudul Menampilkan Hari dan Tanggal pada Microsoft Excel.
Share Artikel

Artikel Terkait